PEMBENTUKAN LEMBAGA PENGELOLA HUTAN DESA DI KALAODI (MENUJU PENGAKUAN ATAS HAK WKR OLEH PEMERINTAH)

Kalaodi – Jumat, 20 Juli 2018. Bertempat di Aula Kantor Kelurahan Kalaodi, Pemerintah Kelurahan Kalaodi melakukan sosialisasi dan pertemuan dalam rangka untuk membentuk Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) yang difasilitasi oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Maluku Utara. Pertemuan ini dihadiri oleh Pemerintah Kelurahan, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, BABINSA, Tokoh Pemuda dan juga perempuan yang berjumlah 25 orang.

Pertemuan Bersama Dengan Warga Kelurahan Kalaodi

 

Pembentukan LPHD ini agar masyarakat Kalaodi bisa mendapatkan Hak Pengelola Hutan Desa (HPHD) melalui progrman perhutanan sosial. Dengan adanya HPHD, maka masyarakat Kalaodi dapat mengelola dan memanfaatkan hutan secara berkelanjutan di kawasan hutan lindung Tagafura.

Kegiatan dimulai pukul 15.00 WIT. Bapak Sudin, Sekretaris Kelurahan Kalaodi, saat memulai kegiatan mengatakan bahwa pembentukan lembaga ini sangat penting untuk memenuhi salah satu syarat pengelolaan hutan desa yang akan dijalankan di Kalaodi.

Pertemuan Pembentukan LPHD Kalaodi yang di Fasilitasi Oleh WALHI Malut

 

“Kami berharap, lembaga yang sebentar nanti akan dibentuk ini, bisa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan yang berlaku. Pengelolaan hutan ini juga merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menjadikan Kalaodi yang lebih baik lagi,” kata Pak Sudin.

Bapak Lurah Kalaodi, menyampaikan bahwa program perhutanan sosial ini menjadi peluang buat masyarakat Kalaodi dalam mengelola hutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi Kalaodi masuk dalam kawasan hutan lindung yang membuat masyarakat tidak bebas mengola hutan.

“Ini peluang buat masyarakat Kalaodi. Kami, atas nama pemerintah kelurahan juga mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan WALHI Malut yang sampai saat ini masih selalu setia membantu kami dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait dengan cara mengelola hutan yang baik,” ungkap Pak Lurah.

Usai pembentukan LPHD, Yudhi Rasjid, dari WALHI Malut memberikan penjelasan terkait dengan skema hutan desa kepada kawan-kawan di LPHD yang baru dibentuk itu.

“Nanti, kita akan melakukan pertemuan kembali untuk memperkuat pengetahuan dan pemahaman kawan-kawan di LPHD. kita akan membahas apa-apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh LPHD dan anggotanya. Yang terpenting, lembaga ini sudah terbentuk dulu,” kata Yudhi. *

Sebarkan
Close Menu